SHOWROOMING DAN WEBROOMING: PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

  • Gallang Perdhana Dalimunthe Universitas Widyatama
  • Gina Apryani Nurunnisha Universitas Widyatama

Abstract

Untuk alasan-alasan tertentu, saat ini konsumen menginginkan pilihan berbelanja secara online maupun offline, tentunya dengan proses transaksi yang berjalan lancar dan tanpa hambatan. Metode showrooming dan webrooming marak dilakukan konsumen untuk mendukung pengambilan keputusan dalam bertransaksi. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan apakah showrooming atau webrooming dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dan yang mana di antara keduanya yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepuasan pelanggan. Data dianalisis dengan menggunakan analisa regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial. Berdasarkan hasil analisis, baik showrooming maupun webrooming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Metode showrooming memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang lebih besar jika dibandingkan dengan webrooming. Faktor risiko yang lebih kecil dinilai memberikan benefit yang lebih besar yang lebih jauh dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Published
Oct 25, 2023
How to Cite
DALIMUNTHE, Gallang Perdhana; NURUNNISHA, Gina Apryani. SHOWROOMING DAN WEBROOMING: PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 110-115, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3755>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3755.
Section
Artikel