TEKNIK ASOSIASI DATA MINING SEBAGAI AKSI BISNIS DALAM MENCIPTAKAN VARIAN PRODUK BARU
Abstract
Dalam melakukan strategi pemasaran produk perlu data informasi acuan agar promosi dapat dilakukan dengan tepat sasaran, seperti contoh dengan mencari ratio pembelian antara beberapa produk pada toko pizza. Penelitian ini menggunakan penerapan metode association rule dan algoritma apriori pada dataset transaksi pembelian pada restoran untuk membantu membuat kandidat kombinasi antara beberapa produk dalam kaitannya dengan kombinasi varian pada satu produk bagi pelanggan. Teknik data miningĀ menggunakan raw data transaksi, dan ditentukan nilai support minimum adalah 20% dan 10% serta nilai confidence minimum 60% dengan pengolahan data menggunakan Python versi 3.9. Algoritma apriori dapat menghasilkan aturan asosiasi sebagai aksi bisnis dalam menciptakan produk kombinasi varian toping pada restoran pizza berdasarkan nilai support dan confidence minimum. Hasil rekomendasi didapatkan pada saat ambang batas 20% memberikan rekomendasi pizza jenis vegetarian saja, sedangkan saat nilai ambang batas diterapkan 10%, rekomendasi yang diberikan bukan hanya jenis vegetarian saja. Nilai terbaik untuk jenis pizza vegetarian didapatkan untuk pasangan toping Red Peppers dengan Tomatoes dengan skor lift sebesar 1.440581, dan nilai lift terkecil adalah toping Tomatoes dan Garlic dengan skor lift 1.207387, serta kombinasi ketiga toping tersebut. Sedangkan untuk jenis non vegan memiliki nilai lift ratio terbesar yaitu >2 dengan toping Chicken dan Tomatoes dengan Red Peppers, dan kombinasi antara ketiga toping tersebut.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).