EFEKTIVITAS PELAYANAN PESAK MERA OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANGKALAN

  • Novendra Vigo Ramadhani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ananta Prathama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Abstract

Program Pesak Mera yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangkalan (Dispendukcapil Bangkalan) dengan tujuan untuk menciptakan tertib administrasi kependudukan meningkatkan kesadaran pentingnya identitas kependudukan, melaksanakan pelayanan dalam waktu sehari (one day service) dan juga menjangkau masyarakat hingga individu yang sulit dijangkau akibat kondisi yang tidak mendukung.  Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu, menganalisis dan menjelaskan Efektivitas Program Pesak Mera yang diselenggarakan oleh Dispendukcapil Bangkalan. Fokus penelitian ini menggunakan aspek aspek, meliputi: sumber daya, dana, sarana dan prasarana; jumlah dan mutu pelayanan yang dihasilkan; batas waktu yang telah ditentukan; dan tata cara pelayanan yang harus ditempuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Program Pesak Mera yang diselenggarakan oleh Dispendukcapil Bangkalan sudah berjalan dengan efektiv sesuai dengan tujuan program. Sumber daya, sarana prasarana dan dana sudah terpenuhi dengan baik meskipun pada sarana prasarana masih mengalam kendala ketika terjadinya listrik mati akan tetapi kejadian tersebut sangat jarang terjadi. Jumlah dan mutu pelayanan yang dihasilkan mengalami peningkatan jumlah pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil. Batas waktu yang telah ditentukan berhasil dipenuhi dengan baik yang berbanding lurus dengan tren kenaikan jumlah layanan. Tata cara pelayanan yang harus ditempuh tidak banyak mengalami perubahan hanya saja penambahan layanan door to door dan jemput bola.

Published
Feb 28, 2024
How to Cite
RAMADHANI, Novendra Vigo; PRATHAMA, Ananta. EFEKTIVITAS PELAYANAN PESAK MERA OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANGKALAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 146-152, feb. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3969>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.3969.
Section
Artikel