PENERAPAN KONSEP GREEN SCHOOL SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA

  • Juliantina Juliantina Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wika Hardika Legiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan konsep green school sebagai strategi penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif pendekatan deskripstif, subjek penelitiannya adalah stakeholder Sekolah yang meliputi wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ketua tim adiwiyata SMA Negeri 1 Mancak, Guru mata pelajaran PPKn serta kegiatan civitas akademika SMA Negeri 1 Mancak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penerapan konsep green school sebagai strategi penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan dilakukan melalui berbagai program yaitu green house, bank sampah, taman sekolah dan apotek hidup meliputi empat indikator pelaksanaan green school yaitu kebijakan, kurikulum, partisipasi dan pengelolaan sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, SMA Negeri 1 Mancak dalam menjalankan program green school ini senantiasa melibatkan peserta didik yang tujuannya agar karakter peduli lingkungan tumbuh dalam diri setiap siswa, menjadi tantangan tersendiri bagi SMA Negeri 1 Mancak dalam menjalankan konsep green school di masa covid19 berkaitan dengan kesulitan koordinasai sesama pengurus adiwiyata serta perlu adanya pembentukan pembiasaan bagi seluruh siswa untuk menjalankan program-program yang telah disusun namun dengan adanya penerapan green school ini karakter peduli lingkungan pada siswa senantiasa berkembang ke arah yang lebih baik.

Published
Apr 24, 2024
How to Cite
JULIANTINA, Juliantina; JAMALUDIN, Ujang; LEGIANI, Wika Hardika. PENERAPAN KONSEP GREEN SCHOOL SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 564-575, apr. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4064>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4064.
Section
Artikel