PENERAPAN KONSEP GREEN SCHOOL SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan konsep green school sebagai strategi penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif pendekatan deskripstif, subjek penelitiannya adalah stakeholder Sekolah yang meliputi wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ketua tim adiwiyata SMA Negeri 1 Mancak, Guru mata pelajaran PPKn serta kegiatan civitas akademika SMA Negeri 1 Mancak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penerapan konsep green school sebagai strategi penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan dilakukan melalui berbagai program yaitu green house, bank sampah, taman sekolah dan apotek hidup meliputi empat indikator pelaksanaan green school yaitu kebijakan, kurikulum, partisipasi dan pengelolaan sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, SMA Negeri 1 Mancak dalam menjalankan program green school ini senantiasa melibatkan peserta didik yang tujuannya agar karakter peduli lingkungan tumbuh dalam diri setiap siswa, menjadi tantangan tersendiri bagi SMA Negeri 1 Mancak dalam menjalankan konsep green school di masa covid19 berkaitan dengan kesulitan koordinasai sesama pengurus adiwiyata serta perlu adanya pembentukan pembiasaan bagi seluruh siswa untuk menjalankan program-program yang telah disusun namun dengan adanya penerapan green school ini karakter peduli lingkungan pada siswa senantiasa berkembang ke arah yang lebih baik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).