PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT UNTUK MENGIKUTI PELATIHAN KEJURUAN PARIWISATA DI BBPVP MEDAN
Abstract
Revolusi industri saat ini sedang berlangsung, dan masyarakat tidak dapat menghindari penggunaan teknologi dan internet, yang memungkinkan orang untuk mengakses dunia digital dan mempromosikan pertukaran informasi. Penggunaan media sosial dalam mempromosikan program pelatihan kejuruan semakin berkembang, dan sangat penting untuk memahami bagaimana keputusan orang dipengaruhi olehnya. Promosi adalah salah satu komponen dari keberlanjutan pemasaran dalam hal ini, karena berkaitan dengan bagaimana layanan pendidikan dipasarkan dan memuaskan siswa berdasarkan informasi yang diberikan. Oleh karena itu, promosi media sosial merupakan salah satu metode pemasaran lembaga pendidikan yang dapat digunakan untuk berbicara dengan calon siswa secara langsung. Dengan memberikan kuesioner kepada responden yang merupakan calon peserta program pelatihan vokasi pariwisata di BBPVP Medan, metode penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Dalam studi kasus ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan analitis, khususnya metode derivasi kuantitatif. Setelah penguraian dan analisis data numerik untuk mengungkap beberapa informasi yang mendalam, pengujian hipotesis dan analisis regresi variabel akan dilakukan dengan menggunakan metode 5% atau ambang batas kepercayaan 95%, yang masing-masing memiliki implikasi tambahan untuk studi ini. Dengan demikian, dalam hal ini menunjukkan bahwa Promosi Media Sosial (X) memiliki dampak yang menguntungkan dan patut diperhatikan terhadap Keputusan Masyarakat untuk Mengikuti Pelatihan Vokasi di Sektor Pariwisata di BBPVP Medan. Hal ini dikarenakan Ho ditolak sedangkan Ha diterima karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel dan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).