THE EFFECT OF BRAINSTORMING TECHNIQUE IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT OF TENTH GRADE STUDENTS AT SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan kemampuan siswa SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran dalam menulis Teks Descriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Teknik Brainstorming dan metode konvensional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 35 siswa per kelasnya. Jumlah populasi seluruhnya adalah 179 siswa. Dua kelas diambil sebagai sampel dengan menggunakan cluster random sampling, yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan Teknik Brainstorming dan kelas X-MIA 2 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan Metode Konvesional. Instrumen untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes. Jenis tesnya adalah tes esai. Analisis data menggunakan rumus uji-t. Dari analisis ini rata-rata kelompok eksperimen 79,1 dan rata-rata kelompok kontrol 52. Peneliti menemukan bahwa penggunaan Teknik Brainstorming mempunyai pengaruh yang cukup tinggi terhadap kemampuan menulis. Ini dibuktikan dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa t-hitung (5,5) lebih besar dari t tabel = 1,66 untuk α = 0,05 . Jadi Ha menerima, dengan kata lain penggunaan Teknik Brainstorming lebih efektif dan berpengaruh dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).