PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN FENOMENA BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Prima Danuwara Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Hamdan Maghribi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk mengkaji pendidikan karakter sebagai salah satu bentuk utama bullying di kalangan siswa sekolah menengah. Fokus penelitian ini adalah pada jenis-jenis perundungan, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap perundungan, dan upaya yang dilakukan untuk mencegah perundungan melalui pendidikan berbasis karakter yang berlandaskan nilai-nilai agama, budaya, agama, dan hukum. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Sumber data berasal dari jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Teknik ekstraksi data yang dilakukan adalah reduksi data, pembersihan data, dan penyaringan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan penalaran relatif membuat partisipan penelitian merasa bahwa di setiap tahapan kehidupannya, selalu ada orang yang peduli dan membuat mereka berhati-hati dalam menghadapi suatu permasalahan; dan (2) melalui penggunaan keterampilan berpikir kritis, peserta dapat mengurangi kemungkinan terjadinya konflik intimidasi yang timbul akibat tindakan apa pun.

Published
May 1, 2024
How to Cite
DANUWARA, Prima; MAGHRIBI, Hamdan. PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN FENOMENA BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 652 - 664, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4229>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4229.
Section
Artikel