PENGARUH MODEL PEBELAJARAN JIGSAWBERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD

  • R. L. Holmes Parhusip Universitas Quality
  • Hartono S Universitas Quality
  • Yason Mendrofa Universitas Quality
  • Heryanto Heryanto Universitas Quality
  • Nanda Situmorang Universitas Quality
  • Diana Margaretha Panjaitan Universitas Quality

Abstract

Setiap insan manusia memperoleh hak untuk mendapatkan ilmu pendidikan, pendidikan meliputi perubahan etitude dan budi pekerti yang baik dan taraf kehidupannya lebih baik juga, dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  Sosial  model pembelajaran Jigsaw berbantuan audio visual menjadikan siswa aktif dalam kegiatan proses pembelajaran mengajar sesuai harapan yang ada di kurikulum merdeka. Keberhasilan peserta didik  didik sangat dipengaruhi kualiatas, kompegtensi pendidik. Pendidik disamping tugas pokoknya memberikan ilmu pengetuan kepada anak didiknya,seorang pendidik dituntut dapat menjadi contoh yang baik terhadap anak didiknya sekaligus dapat meningkatkan Hasil belajarbelajar peserta didiknya. Penelitian ini mempunyai variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Desain dalam penelitian digunakan  pretest-posttest non-equivalent. Dilaksanakan di sekolah dasar  Xaverius kelas empat sekolah dasar Pasar III Kecamatan Namorambe, dari pengujian uji hipotesis diperoleh   pada derajat kebebasan dan nilai Hasil belajardari 23 siswa nilai rerata 72,73, terbukti berkontribusi yang signifikan dalam penggunaan  model pembelajaran Jigsaw berbantuan audio visual terhadap Hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  Sosial  materi gaya magnet.

Published
May 1, 2024
How to Cite
PARHUSIP, R. L. Holmes et al. PENGARUH MODEL PEBELAJARAN JIGSAWBERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 718 - 723, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4230>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4230.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)