PENGARUH MODEL PEBELAJARAN JIGSAWBERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD
Abstract
Setiap insan manusia memperoleh hak untuk mendapatkan ilmu pendidikan, pendidikan meliputi perubahan etitude dan budi pekerti yang baik dan taraf kehidupannya lebih baik juga, dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial model pembelajaran Jigsaw berbantuan audio visual menjadikan siswa aktif dalam kegiatan proses pembelajaran mengajar sesuai harapan yang ada di kurikulum merdeka. Keberhasilan peserta didik didik sangat dipengaruhi kualiatas, kompegtensi pendidik. Pendidik disamping tugas pokoknya memberikan ilmu pengetuan kepada anak didiknya,seorang pendidik dituntut dapat menjadi contoh yang baik terhadap anak didiknya sekaligus dapat meningkatkan Hasil belajarbelajar peserta didiknya. Penelitian ini mempunyai variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Desain dalam penelitian digunakan pretest-posttest non-equivalent. Dilaksanakan di sekolah dasar Xaverius kelas empat sekolah dasar Pasar III Kecamatan Namorambe, dari pengujian uji hipotesis diperoleh pada derajat kebebasan dan nilai Hasil belajardari 23 siswa nilai rerata 72,73, terbukti berkontribusi yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Jigsaw berbantuan audio visual terhadap Hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial materi gaya magnet.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).