HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PEMENTASAN DRAMA
Abstract
Sebagai bagian dari mata kuliah kajian drama, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam melakukan pementasan drama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang sejauh mana kepercayaan diri—juga dikenal sebagai keyakinan diri—berpengaruh terhadap bagaimana seseorang memainkan drama. Penelitian ini menggunakan metode korelasi product moment. Data yang dianalisis berasal dari rekaman pementasan drama yang mereka tonton secara langsung dan angket yang mereka isi. Kepercayaan diri—juga dikenal sebagai keyakinan diri—dan pementasan drama di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki korelasi yang signifikan sebesar 0,816. Nilai korelasi yang tinggi menunjukkan hubungan yang positif antara kepercayaan diri siswa dan kualitas pementasan drama mereka. Nilai korelasi yang ditemukan (0,816) jauh lebih besar dari nilai rtabel, dapat disimpulkan dengan menggunakan nilai rtabel dengan N = 30 pada taraf signifikasi 5%, yaitu 0,361. Hal ini menunjukkan hubungan antara kepercayaan diri dan pementasan drama memiliki signifikansi statistik 5%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa skor kepercayaan diri mahasiswa secara signifikan dikaitkan dengan kualitas pementasan drama di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).