HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PEMENTASAN DRAMA

  • Vina Merina Br Sianipar Universitas HKBP Nommensen
  • Pontas J. Sitorus Universitas HKBP Nommensen
  • Sonya Hutabarat Universitas HKBP Nommensen

Abstract

Sebagai bagian dari mata kuliah kajian drama, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam melakukan pementasan drama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang sejauh mana kepercayaan diri—juga dikenal sebagai keyakinan diri—berpengaruh terhadap bagaimana seseorang memainkan drama. Penelitian ini menggunakan metode korelasi product moment. Data yang dianalisis berasal dari rekaman pementasan drama yang mereka tonton secara langsung dan angket yang mereka isi. Kepercayaan diri—juga dikenal sebagai keyakinan diri—dan pementasan drama di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki korelasi yang signifikan sebesar 0,816. Nilai korelasi yang tinggi menunjukkan hubungan yang positif antara kepercayaan diri siswa dan kualitas pementasan drama mereka.  Nilai korelasi yang ditemukan (0,816) jauh lebih besar dari nilai rtabel, dapat disimpulkan dengan menggunakan nilai rtabel dengan N = 30 pada taraf signifikasi 5%, yaitu 0,361. Hal ini menunjukkan hubungan antara kepercayaan diri dan pementasan drama memiliki signifikansi statistik 5%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa skor kepercayaan diri mahasiswa secara signifikan dikaitkan dengan kualitas pementasan drama di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Published
May 1, 2024
How to Cite
SIANIPAR, Vina Merina Br; SITORUS, Pontas J.; HUTABARAT, Sonya. HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PEMENTASAN DRAMA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 792 - 801, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4266>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4266.
Section
Artikel