PENGARUH TESTIMONI, SOSIAL MEDIA DAN FANATISME PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK UMKM FREZZ CHICKEN CIKARANG
Abstract
Pertumbuhan UMKM di Indonesia sangat signifikan dan bermanfaat bagi negara, karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan, mengembangkan ide-ide kreatif, dan memajukan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan bertambahnya jumlah wirausaha maka akan terjadi persaingan dalam bidang pemasaran. Persaingan yang muncul akan mempengaruhi keberhasilan bisnis, sehingga bisnis memerlukan pemimpin bisnis yang mampu menghadapi persaingan yang muncul. Saat ini bisnis UMKM memiliki peluang yang sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh testimoni, social media, dan fanatisme pelanggan terhadap keputusan pembelian UMKM Frezz Chicken Cikarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kusioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel yang digunakan adalah 100 responden yang telah membeli UMKM Frezz Chicken Cikarang. Analisis yang digunakan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda (Uji T dan Uji F) dengan software SPSS IBM. Hasil penelitian secara parsial variabel testimoni, social media, dan fanatisme pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan karena semua variabel memiliki nilai sig <0,05. Secara simultan variabel testimoni, social media, dan fanatisme pembelian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (82.570 > 2,70) dengan nilai sig 0,01 < 0,05.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).