KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH (RSKD) PROVINSI MALUKU

  • Alfani Omega Ferdinandus Universitas Pattimura
  • Pieter Sammy Soselisa Universitas Pattimura
  • Hengky V.R. Pattimukay Universitas Pattimura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitasĀ  pelayanan administrasi di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Provinsi Maluku.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 10 orang pasien/keluarga pasien sebagai informan kunci, 2 orang petugas pendaftaran dan 1 orang petugas kasir sebagai informan pendukung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat dimensi yang sudah diterapkan sesuai dengan standar pelayanan, yaitu dimensi Bukti Fisik, Keandalan, Jaminan, dan Empati. Adapun dimensi yang belum sepenuhnya memenuhi standar pelayanan yaitu dimensi Responsif. Hal ini disebabkan karena mayoritas pasien mengalami waktu tunggu yang sangat lama sebelum bertemu dengan dokter.

Published
Jun 25, 2024
How to Cite
FERDINANDUS, Alfani Omega; SOSELISA, Pieter Sammy; PATTIMUKAY, Hengky V.R.. KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH (RSKD) PROVINSI MALUKU. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 224 - 237, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4399>. Date accessed: 29 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4399.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)