STUDENTS' PRONUNCIATION ERRORS IN ENGLISH SILENT LETTERS AT SMA SWASTA ADVENT SIMBOLON
Abstract
Pelafalan kata bahasa Inggris memiliki perbedaan yang signifikan dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris terdapat huruf yang tidak diucapkan, sementara pada bahasa Indonesia tidak memiliki aturan yang demikian. Hal ini menyebabkan pembelajar mengalami kesulitan dalam melafalkan kata kata bahasa Inggris. Sehingga, akan berpengaruh terhadap kualitas berbicara dan dapat menyulitkan pendengar untuk memahami arti dari kata yang diucapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan pengucapan, kesalahan yang paling umum, dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan saat mengucapkan huruf diam bahasa Inggris pada siswakelas 3 SMA Swasta Advent Simbolon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua jenis kesalahan: kesalahan pre-sistematis dengan jumlah 142 (69%) dan Sistematis dengan jumlah 64 (31%). Jumlah kesalahan terbanyak terdapat pada kategori pre-sistematis sebesar 69%. Hasil penelitian juga menunjukkan beberapa faktor yang menyebabkan siswa kesulitan mengucapkan kata-kata yang mengandung huruf diam: kurangnya paparan kosa kata bahasa Inggris, kurangnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, dan kurang maksimalnya peran guru mengajar pengucapan pada siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat dua jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengucapkan huruf diam: Pre-Systematis dan Sistematis, yang mana jenis kesalahan yang paling dominanadalahpre-systematis. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari siswa dan guru.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).