DUKUNGAN SELEBRITI DAN INFLUENCER PADA KINERJA PEMASARAN: PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIASI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi dampak Celebrity Endorsements dan Influencer terhadap kinerja pemasaran dengan mempertimbangkan peran media sosial pada konsumen Shopee di Bandung, khususnya di lingkungan Universitas swasta. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Populasi penelitian ini ialah pengguna aplikasi Shopee yang ada di lingkungan Universitas swasta di Bandung. Sebanyak 140 orang dipilih sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endorsements dan Influencer memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap media sosial, serta media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, Celebrity Endorsements dan peran Influencer juga berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui media sosial sebagai variabel intervensi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).