DUKUNGAN SELEBRITI DAN INFLUENCER PADA KINERJA PEMASARAN: PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIASI

  • Dewi Suma Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Ahmad Johan Universitas Langlang Buana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengevaluasi dampak Celebrity Endorsements dan Influencer terhadap kinerja pemasaran dengan mempertimbangkan peran media sosial pada konsumen Shopee di Bandung, khususnya di lingkungan Universitas swasta. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Populasi penelitian ini ialah pengguna aplikasi Shopee yang ada di lingkungan Universitas swasta di Bandung. Sebanyak 140 orang dipilih sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endorsements dan Influencer memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap media sosial, serta media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, Celebrity Endorsements dan peran Influencer juga berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui media sosial sebagai variabel intervensi.

Published
Jun 26, 2024
How to Cite
SUMA, Dewi; JOHAN, Ahmad. DUKUNGAN SELEBRITI DAN INFLUENCER PADA KINERJA PEMASARAN: PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIASI. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 259 - 267, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4464>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4464.
Section
Artikel