ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP LEMBAR KERJA LIVEWORKSHEET BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK MAHASISWA DI MATAKULIAH CONTEXTUAL WRITTEN LANGUAGE SKILLS
Abstract
Lembar kerja merupakan bagian dari bahan ajar dosen yang diperuntukan untuk mahasiswa. Kebutuhan terhadap pengembangan lembar kerja yang interaktif dalam mengakomodir kecerdasan majemuk mahasiswa penting terutama dalam konteks pembelajaran matakuliah Contextual Written Language Skills.Potensi mahasiswa menjadi aspek krusial yang tidak dapat diabaikan. Mahasiswa memiliki potensi dan kecerdasan majemuknya akan menuntut dosen menguasai pendekatan pembelajaran yang beragam. Howard Gardner mengemukakan konsep kecerdasan majemuk dengan 9 kategori yang mencakup berbagai aspek, seperti bahasa, matematika, visual, kinestetik, musik, interpersonal, intrapersonal, naturalistik, dan eksistensial. Penelitian ini untuk menginvestigasi kecerdasan majemuk yang dimiliki mahasiswa dan menganalisis kebutuhan mahasiswa terdadap pengembangan lembar kerja Liveworksheet. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan angket dan lembar observasi sebagai instrumen pengambilan data. Sumber data adalah 33 mahasiswa semester dua di Tahun Ajaran 2023/2024.Hasilnya adalah sebanyak 30,03% memiliki kecerdasan musikal, sebanyak 21,21% memiliki kecerdasan naturalistik, 15,15% memiliki kecerdasan visual-spatial dan 15,15% memiliki kecerdasan intrapersonal, sebanyak 9,09% mahasiswa memiliki kecerdasan logis-matematis, sebanyak 6,06% mahasiswa memiliki kecerdasan linguistik, dan sebanyak 3,04% mahasiswa memiliki kecerdasan interpersonal. 0% mahasiswa memiliki kecerdasan kinestetik. Untuk hasil analisis kebutuhan terhadap pengembangan lembar kerja Liveworksheet adalah 86,2% mahasiswa setuju dalam pengembangan lembar kerja diharapkan terdapat lebih banyak latihan – latihan menulis .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).