MODEL PAIRED STORY TELLING BERBANTUAN CERITA BERGAMBAR MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA
Abstract
Buruknya kemampuan berbicara siswa disebabkan karena siswa tidak mampu mengungkapkan pendapatnya dengan baik dan kurangnya penggunaan media, oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model Paired Story Telling berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan metode pengumpulan data berupa instrumen keterampilan berbicara dengan teknik penilaian kinerja, subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Nurul Hasanah Kutacane yang berjumlah 20 orang, kemudian data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. teknik deskriptif. Hasil penelitian ini rata-rata skor keterampilan berbicara siswa pra siklus sebesar 63,55, median 64, modus 62, dan ketuntasan klasikal 20% keterampilan berbicara siswa berada pada kategori kurang baik, pada siklus I rata-rata sebesar 71,5, sedang 70, mode 63, dan ketuntasan klasikal 65% keterampilan berbicara siswa berada pada kategori cukup baik, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa yaitu mean 90, median 92, mode 92, dan klasikal ketuntasan 90% dengan kategori kemampuan berbicara sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Paired Story Telling berbantuan media gambar meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa Prodi mahasiswa D3 Kebinanan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).