PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SD

  • Ipan Sihite Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendikan, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meningkatan proses pembelajaran menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 175875 Sidagal Parsorminan dengan media video; (2) Meningkatkan hasil pembelajaran menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 175875 Sidagal Parsorminan dengan media video. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 175875 Sidagal Parsorminan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Bentuk tindakan yang diberikan adalah dengan menggunakan media video untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 175875 Sidagal Parsorminan Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media video mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada prasiklus nilai tertinggi 70, nilai terendah 45, nilai rata-rata 55. Dari 22 siswa yang tuntas KKM sejumlah 5 anak. Pada siklus I nilai tertinggi 75, nilai terendah 50, nilai rata-rata kelas 63,15. Dari 22 siswa yang tuntas KKM 13 siswa. Pada siklus II nilai tertinggi 100, nilai terendah 56,25, nilai rata-rata kelas 73,43. Dari 22 siswa yang tuntas KKM sejumlah 19 siswa.

Published
Dec 29, 2023
How to Cite
SIHITE, Ipan. PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SD. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 503-528, dec. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4523>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i6.4523.
Section
Artikel