STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI IBADAH SEKOLAH MINGGU
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menyelidiki strategi pembentukan karakter anak usia dini melalui ibadah sekolah Minggu. Melalui ibadah sekolah minggu, anak-anak belajar nilai-nilai moral dan spiritual yang dikemas dalam bentuk ibadah anak. Pendidikan karakter adalah proses pengajaran nilai-nilai, etika, moral, dan kepribadian yang bertujuan untuk membantu anak-anak dalam membuat keputusan yang tepat tentang apa yang baik dan buruk, menjaga hal-hal yang baik, serta menerapkan kebaikan tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh komitmen. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan, yaitu: 1) Pembelajaran Firman Tuhan melalui Alkitab, 2) Kegiatan Ibadah Interaktif, 3) Kegiatan Penjangkauan, 4) Teladan Positif, 5) Kolaborasi dengan Orang Tua, 6) Bimbingan dan Dukungan yang Konsisten. Kesimpulannya yaitu pembentukan karakter anak usia dini merupakan aspek penting dalam perkembangan anak. Salah satu strategi yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut melalui kegiatan ibadah sekolah minggu. Ibadah sekolah minggu tidak hanya memberikan pengetahuan agama tetapi juga menanamkan pendidikan karakter yang dapat menjadi pondasi penting dalam kehidupan sehari-hari anak usia dini.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).