DINAMIKA INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI MTSS AL MADINAH KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON

  • Ode Hadiyanto Universitas Pattimura
  • Pieter Jacob Pelupessy Universitas Pattimura
  • Tontji Soumokil Universitas Pattimura
  • Jeffry E.M. Leiwakabessy Universitas Pattimura

Abstract

Tujuan penelitian  adalah  menganalisis faktor-faktor penghambat dan peluang  interaksi  sosial  pembelajaran  di  MTsS Al  Madinah kota Ambon.  Berdasarkan analisis hasil penelitian, faktor-faktor penghambat interaksi sosial dalam pembelajaran di MTsS Al Madinah meliputi ketidakpercayaan diri dan rasa malu siswa saat berinteraksi, ketidaksiapan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam  proses pembelajaran, perbedaan status sosial antara siswa beda tingkatan kelas, dan kesenjangan dalam pemahaman konsep dasar yang dimiliki siswa. Sedangkan faktor – faktor peluang interaksi sosial yang ada di MTsS Al Madinah tercipta melalui berbagai program pengembangan diri seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan yang dijalankan di sekolah. Program ekstrakurikuler seperti pramuka, OSIS, dan pelatihan olimpiade dan kegiatan pembiasaan seperti apel pagi, murajaah hafalan Al-Quran, piket kebersihan, kerja bakti di lingkungan sekolah, dan  Metode pembelajaran yang mendorong kerja kelompok, presentasi, dan diskusi juga berkontribusi pada terciptanya interaksi sosial yang konstruktif antara siswa dan guru, serta antarsiswa. Untuk medapatkan data yang akurat dan Valid, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Data yang didapatkan di lokasi penelitian diperoleh melalui empat strategi, yakni Observasi, wawancara secara tertruktur kepada informan utama, dan pendukung,dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, peneliti melakukan analisis dengan prosedur analisis data kualitatif. yaitu reduksi data, menyajikan data.

Published
Aug 11, 2024
How to Cite
HADIYANTO, Ode et al. DINAMIKA INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI MTSS AL MADINAH KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 49 - 59, aug. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4567>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4567.
Section
Artikel