DINAMIKA INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI MTSS AL MADINAH KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON
Abstract
Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor penghambat dan peluang interaksi sosial pembelajaran di MTsS Al Madinah kota Ambon. Berdasarkan analisis hasil penelitian, faktor-faktor penghambat interaksi sosial dalam pembelajaran di MTsS Al Madinah meliputi ketidakpercayaan diri dan rasa malu siswa saat berinteraksi, ketidaksiapan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, perbedaan status sosial antara siswa beda tingkatan kelas, dan kesenjangan dalam pemahaman konsep dasar yang dimiliki siswa. Sedangkan faktor – faktor peluang interaksi sosial yang ada di MTsS Al Madinah tercipta melalui berbagai program pengembangan diri seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan yang dijalankan di sekolah. Program ekstrakurikuler seperti pramuka, OSIS, dan pelatihan olimpiade dan kegiatan pembiasaan seperti apel pagi, murajaah hafalan Al-Quran, piket kebersihan, kerja bakti di lingkungan sekolah, dan Metode pembelajaran yang mendorong kerja kelompok, presentasi, dan diskusi juga berkontribusi pada terciptanya interaksi sosial yang konstruktif antara siswa dan guru, serta antarsiswa. Untuk medapatkan data yang akurat dan Valid, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Data yang didapatkan di lokasi penelitian diperoleh melalui empat strategi, yakni Observasi, wawancara secara tertruktur kepada informan utama, dan pendukung,dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, peneliti melakukan analisis dengan prosedur analisis data kualitatif. yaitu reduksi data, menyajikan data.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).