ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL MELALUI KEPUASAN KERJA TERHADAP TINGKAT TURNOVER DI KEDAI KOPI XYZ AREA JAKARTA

  • Surya Adiputra Universitas Pelita Harapan
  • Albert Surya wanasida Universitas Pelita Harapan

Abstract

Perkembangan bisnis kedai kopi di Indonesia saat ini sangat pesat dan memerlukan adanya dukungan dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh setiap bisnis tersebut. Akan tetapi, terdapat tren peningkatan tingkat turnover dari para karyawan di dalam bidang bisnis tersebut. Adapun peneliti menemukan adanya fenomena tingkat turnover yang fluktuatif dengan tren meningkat pada Kedai Kopi XYZ. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengembangan karyawan dan kepemimpinan transaksional terhadap tingkat turnover yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi terdiri dari 3399 karyawan Kedai Kopi XYZ area Jakarta, serta sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin sehingga sampel berjumlah 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis SEM-PLS dengan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karyawan, kepemimpinan transaksional, dan kepuasan kerja tidak berpengaruh negatif terhadap tingkat turnover, sedangkan terdapat pengaruh pengembangan karyawan dan kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan kerja. Disamping itu, terdapat efek mediasi dari kepuasan kerja. Implikasi penelitian ini adalah pihak manajemen Kedai Kopi XYZ dapat mempertimbangkan program pengembangan karyawan yang ada untuk memastikan bahwa program tersebut relevan dan efektif dan mempertimbangkan untuk memperkenalkan pelatihan baru yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Published
Oct 16, 2024
How to Cite
ADIPUTRA, Surya; WANASIDA, Albert Surya. ANALISIS PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL MELALUI KEPUASAN KERJA TERHADAP TINGKAT TURNOVER DI KEDAI KOPI XYZ AREA JAKARTA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 5, p. 88 - 97, oct. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4589>. Date accessed: 18 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i5.4589.
Section
Artikel