LINGKUNGAN KERJA TOKSIK, KREATIVITAS, DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR; KEPEMIMPINAN YANG MENDUKUNG SEBAGAI PEMODERASI

  • Mariano Firmansyah Universitas Ktolik Widya Mandira
  • Stefanie Noviega Bribin Burin Universitas Katolik Widya Mandira
  • David Manafe Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh lingkungan kerja yang toksik, kreativitas, dan kepemimpinan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di antara karyawan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak 144 responden yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian ini menjawab pertanyaan-pertanyaan di kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja yang toksik tidak memiliki dampak signifikan terhadap OCB, sedangkan kreativitas dan kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan. Namun, dukungan kepemimpinan tidak cukup kuat untuk memoderasi hubungan antara lingkungan kerja toksik dan OCB, serta antara kreativitas dan OCB.

Published
Oct 27, 2024
How to Cite
FIRMANSYAH, Mariano; BURIN, Stefanie Noviega Bribin; MANAFE, David. LINGKUNGAN KERJA TOKSIK, KREATIVITAS, DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR; KEPEMIMPINAN YANG MENDUKUNG SEBAGAI PEMODERASI. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 5, p. 219 - 225, oct. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4605>. Date accessed: 28 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i5.4605.
Section
Artikel