PENGARUH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3), BUDAYA ORGANISASI DAN LOYALITAS TERHADAP PRODUKTIFITAS KARYAWAN DI PT DENSO INDONESIA

  • Muhammad Chumaedi Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Dian Hermawan Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Ikhan Maulani Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Dedi Muhammad Siddiq Universitas Swadaya Gunung Jati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), budaya organisasi, dan loyalitas karyawan terhadap produktivitas di PT Denso Indonesia. Kesehatan dan keselamatan kerja ialah faktor penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Selain itu, budaya organisasi yang kuat dan positif dapat mendorong karyawan untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Loyalitas karyawan juga berperan signifikan dalam meningkatkan produktivitas, karena karyawan yang loyal cenderung lebih berkomitmen dan termotivasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei terhadap 60 karyawan sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diukur dengan skala Likert, dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K3, budaya organisasi, dan loyalitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan. Temuan ini menekankan pentingnya perusahaan untuk memperhatikan aspek K3, membangun budaya organisasi yang kuat, dan meningkatkan loyalitas karyawan guna mencapai produktivitas optimal.

Published
Oct 16, 2024
How to Cite
CHUMAEDI, Muhammad et al. PENGARUH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3), BUDAYA ORGANISASI DAN LOYALITAS TERHADAP PRODUKTIFITAS KARYAWAN DI PT DENSO INDONESIA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 5, p. 43 - 53, oct. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4638>. Date accessed: 18 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i5.4638.
Section
Artikel