PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, SUMBER DAYA KEUANGAN TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA DAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MEDAN

  • Febby Putri Anasya Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Eka Nurmala Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Maya Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sistem pengendalian internal, sumber daya keuangan terhadap keberlangsungan usaha dengan literasi keuangan sebagai variabel moderating pada usaha mikro, kecil dan menengah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada pelaku UMKM. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 100 pelaku UMKM unggulan yang terdaftar di Dinas Koperasi Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik sampling jenuh, namun karena beberapa faktor seperti adanya keterbatasan waktu, tenaga, fasilitas dan keadaan dilapangan, diperoleh sampel sebanyak 85 UMKM. Analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pengujian statistik Structural Equation Modelling dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal, sumber daya keuangan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha. Literasi keuangan memoderasi pengaruh sumber daya keuangan terhadap keberlangsungan usaha tetapi literasi keuangan tidak memoderasi pengaruh sistem pengendalian internal terhadap keberlangsungan usaha.

Published
Sep 1, 2024
How to Cite
LUBIS, Febby Putri Anasya; SARI, Eka Nurmala; SARI, Maya. PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, SUMBER DAYA KEUANGAN TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA DAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA MEDAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 398 - 407, sep. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4646>. Date accessed: 18 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4646.
Section
Artikel