PENGARUH TOTAL EARLY STAGE ENTREPRENEURIAL ACTIVITY (TEA) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI BERBAGAI NEGARA DI DUNIA PERIODE TAHUN 2018-2020

  • Ismail Solihin Universitas Widyatama

Abstract

Peran entrepreneur di dalam perekonomian kurang memperoleh perhatian terutama pada era ekonomi neoklasik yang sangat dipengaruhi oleh pemikiran ekonom Leon Walras yang terkenal dengan teori keseimbangan umumnya . Para ekonom neo klasik berpendapat bahwa di dalam pasar selalu terdapat agen yang akan membuat pasar dalam keadaan seimbang sehingga peran entrepreneur menjadi tidak berarti. Kajian terhadap kewirausahaan mulai berkembang kembali setelah salah seorang ekonom neo klasik - Joseph Aloi Schumpeter. Secara eksplisit Schumpeter menjelaskan hubungan antara entrepreneurship dengan pertumbuhan ekonomi. Aktivitas entrepreneur di suatu negara diukur dengan menggunakan konsep Total Entrepreneurial Activity (TEA) yang dikembangkan oleh Global Entrepreneurship Monitor (GEM). TEA sebagai “proporsi para entrepreneur yang berusia 18 sampai 64 tahun yang tengah dalam proses memulai usaha (nascent business) atau para pemilik perusahaan yang baru beroperasi yang masa beroperasinya kurang dari 42 bulan)”. Setiap negara memiliki aktivitas entrepreneurial yang berbeda dan aktivitas entrepreneurial yang berbeda ini diduga akan memberikan variabilitas pertumbuhan ekonomi yang berbeda pula di setiap negara. Dengan menggunakan data yang telah dipublikasikan oleh Global Entrepreneurship Monitor (GEM), penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah-masalah penelitian : (1) Bagaimana perkembangan TEA pada masing-masing negara yang diteliti dalam kurun waktu tahun 2018-2020. (2) Bagaimana perkembangan pertumbuhan ekonomi masing-masing negara yang diteliti dalam kurun waktu tahun 2018-2020. (3) Bagaimana pengaruh TEA terhadap pertumbuhan ekonomi masing-masing negara yang diteliti dalam penelitian ini dalam kurun waktu tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk menggambarkan perkembangan TEA dan pertumbuhan ekonomi berbagai negara di dunia yang menjadi objek penelitian. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif pada saat menghitung korelasi antara TEA dengan pertumbuhan ekonomi berbagai negara.

Published
Sep 1, 2024
How to Cite
SOLIHIN, Ismail. PENGARUH TOTAL EARLY STAGE ENTREPRENEURIAL ACTIVITY (TEA) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI BERBAGAI NEGARA DI DUNIA PERIODE TAHUN 2018-2020. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 4, p. 391 - 397, sep. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4649>. Date accessed: 18 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i4.4649.
Section
Artikel