ANALISIS KEPRIBADIAN GURU DAN IKLIM KELAS DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana kepribadian guru memengaruhi disiplin siswa dan strategi peningkatan disiplin yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Pengolahan data mencakup kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan keabsahan melalui triangulasi sumber, teknik, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: Analisis kepribadian guru di SDN Tlontoh Raja 8 Pamekasan menunjukkan bahwa guru sebagai teladan sangat penting dalam membentuk disiplin siswa. Konsistensi, ketegasan, dan kerja sama dengan orang tua adalah kunci dalam menetapkan standar disiplin yang efektif. Guru harus memiliki kesabaran dan menghindari kekerasan untuk mengelola kelas dengan baik. Perilaku guru, seperti ketepatan waktu, menciptakan atmosfer belajar positif yang mendukung kedisiplinan siswa. Di SDN Tlontoh Raja 2 Pamekasan, iklim kelas juga berperan penting. Lingkungan fisik yang kondusif, materi yang jelas, struktur organisasi kelas yang teratur, dan interaksi sosial positif antara siswa dan guru meningkatkan disiplin dan menciptakan lingkungan belajar yang produktif.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).