PERAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembiayaan pendidikan di SD Islam Terpadu Tirtabuaran dalam meningkatkan program sekolah. Metode penelitian dengan kualitatif melalui studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara, obsrvasi dan dokumentasi. Pengolahand ata dengan kondensasi, panyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan SD IT Tirtabuaran Banten memahami pentingnya pembiayaan pendidikan untuk mendukung program ekstrakurikuler yang vital dalam pengembangan bakat siswa. Sekolah mengalokasikan sebagian dari anggaran tahunan untuk ekstrakurikuler, memungkinkan siswa terlibat dalam berbagai aktivitas yang memperkaya pengalaman belajar. Selain itu, sekolah juga mengalokasikan dana untuk memperbaiki sarana prasarana dan untuk pelatihan tenaga pendidik. Kegiatan seperti seminar dan workshop bertujuan meningkatkan kompetensi guru. Sekolah juga mengalokasikan dana untuk kegiatan masyarakat, seperti bakti sosial, guna membangun hubungan yang kuat dengan komunitas dan meningkatkan reputasi serta kepercayaan masyarakat.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).