UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR SWASTA SANTO IGNASIUS MEDAN JOHOR

  • Mardiana Mardiana Universitas Katolik Santo Thomas
  • Meikardo Samuel Prayuda Universitas Katolik Santo Thomas

Abstract

Minat baca siswa kelas II Sekolah Dasar Swasta Santo Ignasius Medan Johor tergolong rendah. Tujuan penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui minat baca siswa dan (2) untuk menemukan solusi dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Sekolah Dasar Swasta Santo Ignasius Medan Johor, dengan sasaran penelitian ialah pengelola perpustakaan dan guru. Jenis penelitian ini ialah penelitian pustaka. Prosedur penelitian dimulai dengan identifikasi masalah dan diakhiri dengan kesimpulan. Rancangan penelitian dikaji dan dirumuskan secara analitis. Sumber data penelitian mencakup data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, dengan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di perpustakaan terhadap responden 1, 2, dan 3 menunjukkan bahwa minat baca mereka berkategori sedang, dan (2) hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di rumah terhadap responden yang sama juga menunjukkan bahwa minat baca mereka berkategori sedang. Kesimpulannya, hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi baik di perpustakaan maupun di rumah menunjukkan bahwa minat baca responden 1, 2, dan 3 tergolong sedang.

Published
Oct 23, 2024
How to Cite
MARDIANA, Mardiana; PRAYUDA, Meikardo Samuel. UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR SWASTA SANTO IGNASIUS MEDAN JOHOR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 5, p. 159 - 164, oct. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4789>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i5.4789.
Section
Artikel