PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI PADA INDUSTRI BATIK TULIS DEANDRA KOTA BANDAR LAMPUNG

  • Muhammad Luthifar Syach Anwar Politeknik Pariwisata Medan
  • Emrizal Emrizal Politeknik Pariwisata Medan
  • Marciella Elyanta Politeknik Pariwisata Medan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis permintaan wisata edukasi di Rumah Batik Tulis Deandra Kota Bandar Lampung, menganalisis penawaran wisata edukasi di Rumah Batik Tulis Deandra Kota Bandar Lampung, serta merancang strategi pengembangan produk wisata edukasi di Rumah Batik Tulis Deandra Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi.  Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi, serta pengujian keabsahan data. Hasil dalam penelitian ini yaitu:  1) Permintaan wisata edukasi pada rumah batik tulis Deandra cukup tinggi berasal dari Lampung dengan atraksi utamanya adalah kegiatan belajar membatik, meskipun mayoritas pengunjung datang untuk berbelanja, aksesbilitas ke lokasi baik, dengan amenitas memadai seperti tempat ibadah dan penginapan, tetapi perlu perbaikan tempat parkir dan tempat makan, sementara layanan tambahan seperti pembayaran non-tunai, ATM, dan pom bensin sangat membantu dengan aktivitas wisata di dominasi oleh pembelajaran membatik dan belanja, akan tetapi untuk paket wisata yang ditawarkan masih terbatas dan belum ada kerja sama dengan agen perjalanan. 2) Penawaran wisata edukasi di rumah Batik Tulis Deandra sangat baik, aksesibilitas ke lokasi cukup baik dan mudah dikases, layanan fasuilitas dan layanan pembayaran non-tunasi serta aktivitas dalam belajar membatik, melihat proses pembuatan membatik, dan berbelanja batik khas Lampung meskipun penawaran paket wisata masih terbatas dan belum ada Kerjasama dengan agen perjalanan, sedangkan SDM berasal dari warga sekitar dan telah dilatih untuk memberikan pelayanan. 3) Strategi pengembangan wisata edukasi di Rumah Batik Deandra sudah cukup baik mulai dari meningkatkan branding, pengembangan SDM, pengembangan inovasi produk, serta pengembangan dalam fasilitas dan penyediaan paket yang bervariasi.

Published
Dec 22, 2024
How to Cite
ANWAR, Muhammad Luthifar Syach; EMRIZAL, Emrizal; ELYANTA, Marciella. PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI PADA INDUSTRI BATIK TULIS DEANDRA KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 6, p. 14 - 23, dec. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4969>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i6.4969.