A MOVE AND STEP ANALYSIS OF COFFEE PROMOTIONS IN ONLINE MEDIA
Abstract
Media sosial telah menjadi platform yang signifikan untuk mempromosikan berbagai produk, termasuk kopi yang semakin populer di kalangan masyarakat global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur gerak dan langkah dalam iklan kopi di media sosial dengan menggunakan kerangka teori Bhatia tentang wacana promosi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Critical Genre Analysis (CGA). Data penelitian diambil dari lima iklan merek kopi terkenal di Instagram yang dipilih karena menonjolkan elemen visual dan teks yang menarik. Analisis dilakukan dengan memetakan data ke dalam gerakan dan langkah-langkah berdasarkan teori Bhatia dan menggunakan model Miles dan Huberman untuk mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Move 2 (Memperkenalkan Penawaran) merupakan strategi utama semua merek untuk menonjolkan produk mereka melalui deskripsi yang persuasif dan visual yang menarik. Selain itu, Jurus 5 (Meminta Tanggapan) dan Jurus 7 (Mengakhiri dengan Sopan) digunakan secara konsisten untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan membangun citra yang bersahabat. Beberapa merek menggunakan Jurus 1 (Membangun Kredensial), Jurus 3 (Memberikan Insentif) dan Jurus 6 (Taktik Tekanan) secara selektif untuk menarik perhatian konsumen tertentu. Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana elemen visual, teks, dan konteks budaya berinteraksi untuk menciptakan strategi promosi yang efektif. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi panduan bagi merek dalam merancang strategi pemasaran yang relevan dan menarik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).