A MOVE AND STEP ANALYSIS OF COFFEE PROMOTIONS IN ONLINE MEDIA

  • Rachel Pratiwi Siahaan Universitas Sumatera Utara
  • Olga Adelia Daulay Universitas Sumatera Utara
  • Raslima Simorangkir Universitas Sumatera Utara
  • Vanny Wulandari Universitas Sumatera Utara
  • Chintami Angelica Bacas Universitas Sumatera Utara
  • Tengku Thyrhaya Zein Universitas Sumatera Utara

Abstract

Media sosial telah menjadi platform yang signifikan untuk mempromosikan berbagai produk, termasuk kopi yang semakin populer di kalangan masyarakat global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur gerak dan langkah dalam iklan kopi di media sosial dengan menggunakan kerangka teori Bhatia tentang wacana promosi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Critical Genre Analysis (CGA). Data penelitian diambil dari lima iklan merek kopi terkenal di Instagram yang dipilih karena menonjolkan elemen visual dan teks yang menarik. Analisis dilakukan dengan memetakan data ke dalam gerakan dan langkah-langkah berdasarkan teori Bhatia dan menggunakan model Miles dan Huberman untuk mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Move 2 (Memperkenalkan Penawaran) merupakan strategi utama semua merek untuk menonjolkan produk mereka melalui deskripsi yang persuasif dan visual yang menarik. Selain itu, Jurus 5 (Meminta Tanggapan) dan Jurus 7 (Mengakhiri dengan Sopan) digunakan secara konsisten untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan membangun citra yang bersahabat. Beberapa merek menggunakan Jurus 1 (Membangun Kredensial), Jurus 3 (Memberikan Insentif) dan Jurus 6 (Taktik Tekanan) secara selektif untuk menarik perhatian konsumen tertentu. Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana elemen visual, teks, dan konteks budaya berinteraksi untuk menciptakan strategi promosi yang efektif. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi panduan bagi merek dalam merancang strategi pemasaran yang relevan dan menarik.

Published
Dec 30, 2024
How to Cite
SIAHAAN, Rachel Pratiwi et al. A MOVE AND STEP ANALYSIS OF COFFEE PROMOTIONS IN ONLINE MEDIA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 6, p. 355 - 363, dec. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/5209>. Date accessed: 03 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i6.5209.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)