PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DI SUMATERA UTARA

  • Bima Patriciasio Liong Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Andre Agachi Purba Universitas Negeri Medan
  • Ferenika Sinaga Universitas Negeri Medan
  • J. Anggi Sitanggang Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan guru fisika di Sumatra utara. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan memiliki pendekatan kuantitatif. Kegiatan ini dilakukan agar dapat memperoleh data dari sampel yang sudah ditargetkan sebanyak 5 guru yang berada di Sumatra Utara. Teknik yang digunakan Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara secara online menggunakan WhatsApp dan google Form. Hasil observasi menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan guru 1. pembelajaran inkuiri dan pembelajaran berbasis masalah (PBL), 2. Pembelajaran berbasis projek, dan pembelajaran berbasis masalah, 3. Pembelajaran berbasis masalah dan projek, 4. Pembelajaran berbasis masalah, 5. Pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis projek. Berdsarkan hasil observasi diperoleh model pembelajaran yang digunakan ialah pembelajaran inkuiri, pembelajaran berbasis masalah (PBL), pembelajaran berbasis projek (PjBL). Dan dari hasil observasi juga ditemukan bahwa banyak guru yang kurang mengetahui tata cara (Sintaks) pelaksanaan suatu model yang tepat.

Published
Apr 1, 2024
How to Cite
NAINGGOLAN, Bima Patriciasio Liong et al. PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DI SUMATERA UTARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 639 - 651, apr. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/5260>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.5260.
Section
Artikel