PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI MELALUI MEDIA ONLINE OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 LAGUBOTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Laguboti. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 176 orang yang terdiri dari 6 kelas yaitu VII-1, VII-2, VII-3, dan VII-4, VII-5, VII-6. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 berjumlah 28 orang yang diambil dengan proses Simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata Pre-test = 58,92, standar deviasi = 8,79, standar error = 1,69. Pada Post-test, diperoleh nilai rata-rata = 77,67, standar deviasi = 7,61, standar error = 1,46. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test berdistribusi normal. Harga F didapat dari tabel dengan taraf nyata = 0,05 atau (n1 – 1n2 - 1) atau 1,33 4,20 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh nilai = 8,40. Setelah diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel 1 pada taraf signifikan 5% sebesar 2,05. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui , yakni 8,40 . Dengan demikian (hipotesis nihil) ditolak dan (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Laguboti.