THE IMPLEMENTATION OF PICTURE STRIP STORY IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY OF DARMA AGUNG UNIVERSITY
Abstract
Artikel inimengkaji proses peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui Picture Strip Story untuk mahasiswa semester pertama Fakultas Sastra Universitas Darma Agung. Berbicara adalah salah satu keterampilan produktif untuk mentransfer apa yang ingin disampaikan kepada pendengar. Penulis menawarkan metode dalam mengajar kelas Bahasa Inggris dengan penggunaan Picture Strip Story yang bertujuan agar para siswa bersemangat untuk mengetahui dan mempraktikkan berbicara dalam bahasa Inggris dengan lebih mudah dan lebih lancar.Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan dua perlakuan kelas berbeda; kelas eksperimen dan kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam menganalisis data, kajian ini menggunakan T-test formula. Temuan menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dari skor rata-rata yang diperoleh dari kelompok eksperimen (85, 46) dan kelompok kontrol (70, 75). Nilai tobs> ttable (P= 0.05) df (58), or 6.78 > 1.67 (P=0.05). Artinya Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Picture Strips Story secara signifikan mempengaruhi kemampuan berbicara siswa.