AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN COSMETIC ADVERTISEMENT ON INDONESIAN TELEVISION

  • Neneng Anjarwati Hutagalung Universitas Darma Agung
  • Sewistina Buulolo Universitas Darma Agung
  • Desmalia Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Artikel ini menganalisis tentang “Bahasa Kiasan yang digunakan dalam iklan kosmetik di Televisi Indonesia”. Permasalahan dari penelitian ini adalah jenis-jenis bahasa kiasan, jenis Bahasa Kiasan yang paling Dominan dan alasan mengapa Bahasa Kiasan itu digunakan. Skripsi ini dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan dengan menerapkan metode penelitian kepustakaan dimana beberapa referensi diambil dari beberapa buku-buku sumber. Jenis Bahasa Kiasan tersebut adalah Personifikasi, Hyperbole, Repetisi, Metaphor, dan Simile. Hasil dari penelitian ini menemukan 5 Bahasa Kiasan yang ditemukan dalam 37 Iklan Kosmetik. Ada Personifikasi (24,32%), Hiperbola (21,62%), Repetisi (10,81%), Metapor (37,84%), Simile (5,41%). Dan jenis paling Dominan dari lima Bahasa Kiasan adalah Metapor.

Published
Apr 30, 2023
How to Cite
HUTAGALUNG, Neneng Anjarwati; BUULOLO, Sewistina; PURBA, Desmalia. AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN COSMETIC ADVERTISEMENT ON INDONESIAN TELEVISION. JURNAL LITTERA: FAKULTAS SASTRA DARMA AGUNG, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1 - 8, apr. 2023. ISSN 2657-0084. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/littera/article/view/3172>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/littera.v2i1.3172.
Section
Articles