THE EFFECT OF USING SHORT MOVIE ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING NARRATIVE TEXT
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tentang pengaruh penggunaan film pendek terhadap prestasi siswa dalam menulis teks nararif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Film Pendek terhadap prestasi siswa dalam menulis teks naratif. Peneliti menerapkan metode kuantitatif menggunakan pre-test, perlakuan, dan post-test. Penelitian ini dilakukan di SMA Pangeran Antasari Medan, pada siswa kelas X IPA dan IPS. Total populasi adalah 52 siswa dengan 26 siswa kelas experimental dan 26 siswa kelas kontrol. Kelas experimental adalah kelas yang mendapat pengajaran dengan menggunakan Film Pendek dan kelas kontrol adalah kelas tanpa menggunakan Film Pendek. Peneliti memberikan tes dalam bentuk menulis esai tes. Para siswa harus menjawab soal pre-test dan post-test dengan soal yang sama. Teknik pengumpulan data menggunakan rumus t-tes. Analisis menunjukkan bahwa nilai siswa dengan pengajaran menggunakan Film Pendek berbeda sinifikan dari siswa tanpa menggunakan Film Pendek. Nilai t-tesnya adalah 2.21 sedangkan nilai t-tabelnya adalah 1.676. Artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakan film pendek pada prestasi siswa dalam menulis teks naratif, karena 2.61 ≥ 1.676.