ANALISIS PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGETERHADAP PENGUNGUKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Size, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. Periode penelitian dimulai dari tahun 2017-2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang perusahaan sektor pertanian yang sudah terdaftar dibursa efek indonesia. Dari populasi sebanyak 21 perusahaan diperoleh 7 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel dalam penelitian ini. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi logisti. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Size (Total Asset) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikan 0,187 > 0,05.. Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikan 0,703 > 0,05.. Leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikan 0,759 > 0,05 dengan tingkat signifikan lebih besar dari taraf sinigfikan yang telah di tetapkan. Secara bersama – sama (simultan) variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage perusahaan tidak berpengaruh terhadap variabel tingkat pengungkapan CSR. Hal ini dibuktikan dengan signifikan sebesar 0,470 > 0,05.