PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN DIVIDEND PER SHARE (DPS) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Elvin Yolanda Bawamenewi Universitas Darma Agung
  • Santi Adi Laia Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Return on Investment dan dividend per share berpengaruh terhadap harga saham perusahaan makanan and minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data dari situs resmi Bursa Efek Indonesia, www.idx.co.id, yang disebut sebagai data sekunder. Laporan keuangan perusahaan dari 2018 hingga 2021 digunakan untuk penelitian. Dalam penelitian ini populasinya adalah 41 perusahaan makanan dan minuman, dan sampel diambil dari 12 perusahaan. Dengan bantuan program SPSS 24.0, penelitian ini mengambil pendekatan asosiatif terhadap data kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on Investment dan Dividen per Saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Pengembalian investasi dan Dividen per Saham keduanya mempengaruhi harga saham secara positif dan signifikan. Dividen per Saham merupakan hal terpenting yang mempengaruhi harga suatu saham. Pengembalian investasi dan Dividen per Saham membantu menaikkan harga saham sebesar 77,1%. Harga saham sangat dekat dengan Return on Investment dan Dividen per Saham.

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
BAWAMENEWI, Elvin Yolanda; LAIA, Santi Adi. PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN DIVIDEND PER SHARE (DPS) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 156 - 164, sep. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/3911>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i2.3911.
Section
Articles