PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE OUTDOOR LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Abstract
Seorang guru yakni bagian paling mutlak dalam proses pendidikan. Berhasil tidaknya materi yang disampaikan di kelas tergantung pada guru yang merencanakannya. Seorang guru harus kreatif dan inovatif dalam merencanakan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan agar keterampilan dasar dan indikator pembelajaran dapat terekspresikan secara utuh. Sayangnya, peran guru saat ini lebih banyak mentransfer pengetahuan teoretis kepada siswanya. Tujuan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yakni untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran cinta tanah air, sikap dan perilaku, pemahaman terhadap nusantara, dan ketahanan nasional pada warga negara Republik Indonesia. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas 4 insan Indonesia yang berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, unggul, tangguh, cerdas, kreatif, berbakat, disiplin, etos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif serta lahir dan batin. sehat Sikap dan pola pikir yang cerdas dan bertanggung jawab diharapkan dapat muncul melalui pendidikan kewarganegaraan. Selain itu diharapkan hal tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai individu, anggota masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembelajaran di luar kelas mempunyai banyak keuntungan yang tidak dapat diperoleh dari kegiatan belajar mengajar di kelas. Diantara kelebihan tersebut, siswa dapat lebih tertarik dan meningkatkan prestasi belajarnya. Hal ini dikarenakan siswa tidak harus belajar hanya di dalam kelas. Mereka bisa keluar kelas dan mendapatkan pengalaman baru. Selain itu siswa juga akan mendapatkan pembelajaran yang bermakna. Artinya siswa dapat mengamati pelajaran atau materi yang diajarkan dalam kehidupan nyata. Selain itu, pembelajaran outdoor mengingatkan siswa bahwa kegiatan belajar tidak harus selalu di dalam kelas.