PEMAHAMAN TENTANG PENTINGNYA SELF-EFFICACY BAGI SISWA DALAM MEMBENTUK LINGKUNGAN BELAJAR YANG BEBAS DARI PERILAKU BULLYING

  • Rina Handayani Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Dahlia Nopelina Siallahan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

Abstract

Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk mengatur dan melaksanakan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. Pemahaman yang baik tentang self-efficacy sangat penting bagi siswa karena dapat mempengaruhi motivasi, prestasi akademik, dan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya self-efficacy bagi siswa dalam membentuk lingkungan belajar yang bebas dari perilaku bullying. Metode Pengabdian yang digunakan adalah studi literatur dan survei terhadap siswa sekolah menengah pertama. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi cenderung memiliki keterampilan sosial yang lebih baik, mampu mengatasi tekanan sosial, dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan aman. Sebaliknya, siswa dengan self-efficacy rendah lebih rentan terhadap perilaku bullying, baik sebagai korban maupun pelaku. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar sekolah mengimplementasikan program-program yang dapat meningkatkan self-efficacy siswa sebagai upaya preventif terhadap bullying. Program ini bisa mencakup pelatihan keterampilan sosial, pemberian dukungan psikologis, dan pembinaan hubungan yang positif di antara siswa.

Published
Oct 24, 2024
How to Cite
HANDAYANI, Rina; SIALLAHAN, Dahlia Nopelina. PEMAHAMAN TENTANG PENTINGNYA SELF-EFFICACY BAGI SISWA DALAM MEMBENTUK LINGKUNGAN BELAJAR YANG BEBAS DARI PERILAKU BULLYING. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 17 - 26, oct. 2024. ISSN 2745-6072. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/4936>. Date accessed: 26 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v5i3.4936.
Section
Articles