STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UD.BOLU SALAK KENANGA DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK OLAHAN DI KOTA PADANG SIDEMPUAN

  • Sylvia Haryanti Universitas Darma Agung, Medan
  • Besti Rohana Simbolon Universitas Darma Agung, Medan
  • Gabrela Sianturi Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh UD. Bolu Salak Kenanga dalam mempromosikan produk olahan di Kota Padang Sidempuan dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan juga faktor penghambat strategi komunikasi pemasaran yang dihadapi UD. Bolu Salak Kenanga dalam mempromosikan produk. diolah oleh kota Padang Sidempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan beberapa informan, serta melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa UD. Bolu Salak Kenanga telah menerapkan dan memenuhi unsur bauran pemasaran dan unsur bauran promosi. Namun dalam kegiatan promosi produk tidak melibatkan promosi pada media cetak dan media elektronik yang digunakan, melainkan hanya melibatkan promosi melalui media sosial terapan, kegiatan konten promosi yang ditampilkan monoton dan kurangnya kreatifitas dalam promosi yang dilakukan dan belum dipasarkan. produk mereka melalui toko online dan pasar lainnya. UD. Bolu Salak Kenanga berhasil membuat konsumen mencapai lima tahapan teori AIDDA. Faktor penghambat bagi UD. Bolu Salak Kenanga adalah keterbatasan biaya dalam melakukan promosi ke media cetak dan media elektronik, dan pada bagian penyediaan produk yang dipasarkan mengalami kendala ketika stok habis dan kekurangan produksi.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
HARYANTI, Sylvia; SIMBOLON, Besti Rohana; SIANTURI, Gabrela. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UD.BOLU SALAK KENANGA DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK OLAHAN DI KOTA PADANG SIDEMPUAN. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 83 - 95, oct. 2022. ISSN 2720-9822. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/2323>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles