PERSEPSI MAHASISWA/I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SUMATERA UTARA TERHADAP BUDAYA K-POP DI MEDIA
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Persepsi Mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Terhadap Budaya K-Pop Di Media. Perumusan masalahnya adalah Bagaimana persepsi mahasiswa/i di Universitas Sumatera Utara Jurusan Ilmu Komunikasi terhadap budaya K-Pop di media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara Terhadap Budaya K-Pop Di Media.Teori utama yang digunakan adalah Teori Uses and Gratification Uses and gratifications muncul karena adanya kebutuhan dan motif penggunaan media. Studi inimemusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan(gratification) atas kebutuhan seseorang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian yaitu dengan 10 informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara dan obsrevasi. Metode analisa yang digunakan yaitu metode deskriptif, dimana mendeskripsikan hasil data yang diperoleh. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil yang positif, hal ini dapat dilihat dari persepsi dan respon mahasiswa terhadap dampak yang dirasakan oleh mahasiswa/i Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara tersebut.