ANALISA PERHITUNGAN STRUKTUR PONDASI TIANG PANCANG ABUTMENT JEMBATAN UNDERPASS JALAN TOL (STA 6+850) PADA PROYEK JALAN TOL LANGKAT SUMATERA UTARA
Abstract
Studi ini berisikan analisa perhitungan struktur pondasi tiang pancang abutment jembatan underpass pada jalan toll, Jembatan merupakan konstruksi yang berfungsi untuk meneruskan jalan dari satu tempat ketempat yang lain yang terhalang oleh rintangan. Struktur pondasi pada jembatan harus kuat danaman agar tidak terjadike gagalan konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung daya dukung pondasi tiang pancang. Daya dukung pondasi dianalisis secara manual berdasarkan data N-SPT dan menggunakan metode Mayerhoff. Berdasarkan hasil analisis dengan standard penetration test kapasitas daya dukung padabor hole Pembebanan pada jembatan menggunakan peraturan SNI-2003-2005. Dari Tabel hasil perhitungan diperoleh kombinasi yang menghasilkan nilai terbesar untuk masing-masing pembebanan yaitu, Pembebanan Abutment vertical 41.727,55kN, Berdasarkan hasil perhitungan daya dukung tiang pancang dari data SPT, makadiperoleh daya dukung ijin pondasitiang pancangpadake dalam an 20 m dengan metode Mayer hoff, Perhitungan Dayadukung pondasitiang pancang abutment (Qijin) = 246,24 ton, (Eg) = 0,650, (Qg) = 100455,32 kN, Hal ini menunjukkan pondasitiang pancangabutmen pada jembatan dinyatakanaman.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.