PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Rameyanti Tampubolon Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Penelitian berjenis quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel berjenis total populasi kelas X, yaitu kelas eksperimen diambil kelas X1  dan kelas kontrol yaitu X2 , masing-masing 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan Essay tes sebanyak 10 butir telah diuji coba dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Selanjutnya diberi perlakuan dan diperoleh hasil perhitungan uji t satu pihak dengan bantuan SPSS 20 dengan nilai sig. (0,001 < 0,05)pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model PAKEM terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada Besaran dan Pengukuran di kelas X semester I SMA Swasta Santo Paulus  Martubung T.A.2017/2018

Published
Apr 5, 2019
How to Cite
TAMPUBOLON, Rameyanti. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 31-35, apr. 2019. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/153>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>