PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTU VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAK AZASI MANUSIA DIINDONESIA KELAS XI-1 SMA MARDI LESTARI TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Minar Tobing Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Berbantu Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Materi Menapaki Jalan Terjal Penegakan Hak Azasi Manusia di Indonesia kelas XI-1 SMA Mardi Lestari Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian dengan jenis tindakan menggunakan Siklus I sampai Siklus II. Sampel penelitian ini sebanyak 35 orang dengan teknik pengumpulan data melalui post tes dan free test. Hasil data penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I tergolong kategori kurang dengan persentase sebesar 31%, pada siklus II tergolong kategori cukup dengan persentase sebesar 72%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI pada materi pokok menapaki jalan terjal penegakan Hak Azasi Manusia  Tahun Pelajaran 2018-2019. Ketuntasan belajar siswa pada pelajaran PKn materi pokok menapaki jalan terjal penegakan Hak Azasi Manusia  siswa kelas XI pada tes awal adalah 63%, hal ini tergolong kategori sangat rendah sedangkan siklus I tergolong ketuntasan belajar siswa sebesar 71%. Pada siklus II tergolong tinggi dengan ketuntasan belajar sebesar 62%.  Setelah dilakukan perhitungan normalisasi bahwa hipotesis diterima karena uji hipotesis menunjukkan sebesar 0,70 dengan kategori tinggi

Published
Apr 5, 2019
How to Cite
TOBING, Minar. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTU VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAK AZASI MANUSIA DIINDONESIA KELAS XI-1 SMA MARDI LESTARI TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 36-43, apr. 2019. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/154>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles