HUBUNGAN PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN SUKU BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MORAL SISWA KELAS XI SMK SWASTA HARAPAN BANGSA TAHUN 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Moral Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, Populasi dalam penilitan ini adalah Seluruh Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 berjumlah 39 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dengan teknik pengambilan menggunakan sampel total. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 30 item penanaman nilai-nilai toleransi dalam keberagaman suku bangsa melalui Pendidikan Kewarganegaraan yang valid 14 item sedangkan untuk Moral Siswa yang valid 14 item, dengan 4 option sebelum angket digunakan diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan analisis data Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 berdistribusi normal dengan perhitun gan x2hitung < x2tabel (33,06 < 54,57). Data normalitas Moral Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 berdistribusi normal dengan hasil perhitungan x2h < x2t (29,361 < 54,57). Hasil uji linearitas data Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaran dengan moral siswa adalah linear dengan persamaan Y= 10,24 +0,827x dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fh>Ft (54,57>0,355). Uji kecenderungan Penanaman Nilai-nilai Toleransi Dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 cenderung sedang (41%) dan Moral Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 cenderung Sedang( 38,4%). Hasil Uji korelasi product moment yang diperoleh rtabel= 0,308 .rhitung =1,956 dan rhitung > rtabel (1,956 > 0,308). Hal ini menunjukan ada hubungan antara penanaman nilai-nilai toleransi dalam keberagaman suku bangsa melalui Pendidikan kewarganegaraan dengan moral siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022 . Untuk menguji taraf signifikan kedua variabel tersebut dilakukan dengan uji “t” diperoleh thitung 13,008 ttabel 1,684 th > tt ( 13,008 > 1,684). Maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Penanaman Nilai-nilai Toleransi dalam Keberagaman Suku Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Moral Siswa Kelas XI SMK Swasta Harapan Bangsa Tahun 2022.