HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN KONSELING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MSI SEMSTER GANJIL SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara bimbingan konseling dengan motivasi belajar siswa di kelas XI MS1 semester ganjil SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN 2022Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional.Populasi dalam penilitan ini adalah seluruh siswa kelas XI MS1 sejumlah 30 orang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel teknik total sampel yaitu pengambilan sampel sebanyak populasi sejumlah 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 15 bimbingan konseling yang valid 14 item sedangkan untuk motivasi belajar yang valid 14 item dengan 4 option sebelum angket digunakan diuji validitas dan reabilitasnya. perhitungan x2hitung < x2tabel(41,74< 43,77).Data normalitas motivasi belajar berdistribusi normal dengan hasil perhitungan x2h < x2t (39,57 < 43,77 ). Hasil uji Reabilitas Bimbingan Konseling (x) rhitung.>rtabel (0,73>0,361) .Hasil uji reabilitas Motivasi Belajar (y) rhitung.>rtabel (0,65>0,361) Hasil uji linearitas data bimbingan konseling dengan motivasi belajar adalah linear dengan persamaan Y = 11,20 +0,75 dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fh>Ft ( 468,85 >4,04).Uji kecenderungan Bimbingan konseling (X) kategorikan cenderung sangat tinggi (36,6%) dan motivasi belajar (Y) kategori cendrung tinggi ( 40%). ..Hasil uji korelasi product moment yang diperoleh thitung > ttabel ( 8,69 >1,69). maka hal ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara bimbingan konseling dengan motivasi belajar siswa di kelas XI SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN 2022.