KARAKTER DEMOKRASI DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA MULIA PRATAMA MEDAN

  • Sadarman Waruwu Universitas Darma Agung
  • Wenni Ulur Simanungkalit Universitas Darma Agung
  • Rosma Nababan Universitas Darma Agung

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan Karakter Demokrasi denganHasil Belajar PKn siswa kelas X IPS SMA Mulia Pratama Medan 2023. Penelitian ini menggambarkan hubungan du avariabel. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Mulia Pratama Medan  2023 sebanyak  30 orang dan sampling terdiri dari 30 orang menggunakan teknik total sampling.Instrumen yang digunakan untuk mengambil  data yaitu kuesioner dengan dokumen. Kuesioner berjumlah 20 item dan 4 option yakni A,B,C,D dan telah diujikan kekelas lain untuk melihat apakah valid dan reliable. Data karakter demokrasi berdistribusi normal dari hasil perhitungan diperoleh X2h < X2t (19,24 < 43,37) dan data hasil belajar siswa berdistribusi normal dengan hasil perhitungan X2hitung < X2tabel (22,26 < 43,37). Data karakter demokrasi dengan hasil belajar adalah linier dengan persamaan Y = 72,70 + 0,16x dikonsultasikan dengan F hitung diperoleh Fh > Ft (27,40 > 4,20). Karakter demokrasi cenderung sedang (31%); Hasil belajar cenderung sangat baik (33,34%). Ada korelasi karakter demokrasi dengan hasil belajar PKn siswa kelas X IPS SMA Mulia Pratama Medan 2023 berdasarkan hasil perhitungan rhitung > rtabel ( 0,46 > 0,34 ). Hasil Uji statistic thitung > ttabel (2,70 > 1,69) hal ini membuktikan bahwa hipotesa penelitian diterima kebenarannya yaitu ada hubungan yang signifikan karakter demokrasi dengan hasil belajar PKn siswa kelas X IPS SMA Mulia Pratama Medan 2023

Published
Dec 11, 2023
How to Cite
WARUWU, Sadarman; SIMANUNGKALIT, Wenni Ulur; NABABAN, Rosma. KARAKTER DEMOKRASI DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA MULIA PRATAMA MEDAN. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 142 - 148, dec. 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3997>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i2.3997.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2