MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COVERATIVE CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA MATERI DINAMIKA PERWUJUDAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA KELAS IX SMP NEGERI 5 ADIANKOTING TAHUN 2023

  • Samson Mustika Hutabarat Universitas Darma Agung
  • Irma Rosmawati Siregar Universitas Darma Agung
  • Manahan Manullang Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran meningkatkan hasil belajar ppkn melalui model pembelajaran coverative children’s learning in science  (CLIS) pada materi dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa kelas IX SMP Negeri 5 Adiankoting semester ganjil tahun 2023

Published
Jun 18, 2024
How to Cite
HUTABARAT, Samson Mustika; SIREGAR, Irma Rosmawati; MANULLANG, Manahan. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COVERATIVE CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA MATERI DINAMIKA PERWUJUDAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA KELAS IX SMP NEGERI 5 ADIANKOTING TAHUN 2023. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 46 - 52, june 2024. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/4552>. Date accessed: 20 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v6i1.4552.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>