IMPLEMENTASI NILAI - NILAI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN PRAMUKA DI SMA GAJAH MADA MANDIRI PADANG BULAN TAHUN 2024

  • Rosma Nababan Universitas Darma Agung
  • Alimim Purba Universitas Darma Agung
  • Dita Mesrawati Hulu Universitas Darma Agung
  • Pesta Natalia R Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai kewarganegaraan dalam pelaksanaan kegiatan pramuka di SMA Gajah Mada mandiri Padang Bulan Tahun 2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 1 orang pembina pramuka, 1 orang kaka pelatih pramuka dan 4 orang anggota pramuka. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Implementasi nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan dalam pelaksanaan kegiatan pramuka dalam tahap pelaksanaan (a) nilai religius, teriplementasi dalam pelaksanaan kegiatan trisatya dan dasar darma pramuka dalam bentuk kegiatan berdoa sebelum dan sesudah kgiatan, (b) nilai patriotisme terimplementasi dalam kegiatan PBB, latihan Upacara, PUK (c) kepedulian terimplementasi dalam kegiatan berkemah, jelajah alam, mendirikan tenda,tata boga, p3k, (d) nilai toleransi terimplementasi dalam materi trisatia dan daasar darma pramuka dalam pelaksanaan kegiatan pramuka bakti sosial. nilai kerjasama terimplementasi dalam pelaksanaan kegiatan jelajah alam, berkemah, kegiatan raimuna pramuka. (e) nilai kedisplinan terimplementasi pada semua materi kegiatan pramuka dan dalam pelaksanaan kegiatan upacara serta PBB. (f) nilai kemandirian terimplementasi dalam pelaksanaan kegiatan berkemah, jelahah, dengan materi berkemah, cara mendirikan tenda, membaca peta, membaca kompas, jelajah alam. (g) nilai demokrasi diajarkan dalam materi musyawara dan mufakat. Nilai demokrasi terimplementasi dalam pelaksanaan pemilihan dewan ambalan, kegiatan raimuna. (h) hak sebagai anggota pramuka hak untuk mrngikuti semua kegiatan pramuka dan kewajibanya harus melengkapi atribut mengikuti aturan. Sehingan nilai hak dan kewajiban terimplementasi di semua pelaksanaan kagiatan pramuka.( i) nilai tanggung diajarkan pada semua materi dan terimplementasi dalam kegiatan jelajah alam, berkemah dimana setiap anggota pramuka memiliki tanggung jawab. . Setiap materi kegiatan pramuka memiliki proses sendiri-sendiri dalam membentuk peserta didik menjadi lebih baik. 

Published
Dec 20, 2024
How to Cite
NABABAN, Rosma et al. IMPLEMENTASI NILAI - NILAI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN PRAMUKA DI SMA GAJAH MADA MANDIRI PADANG BULAN TAHUN 2024. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 91 – 103, dec. 2024. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/5119>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v6i2.5119.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2