IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SILA-SILA PANCASILA DALAM PELAKSANAAN ADAT PERNIKAHAN MASYARAKAT NIAS DI DESA PUNCAK LOLOMATUA KECAMATAN ULUNOYO KABUPATEN NIAS SELATAN 2024

  • Tutik Sugesti Universitas Darma Agung
  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Derisman Buulolo Universitas Darma Agung
  • Mangapul Simanjuntak Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai sila-sila pancasila dalam pelaksanaan adat pernikahan masyarakat Nias di desa Puncak Lolomatua Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selataan.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu, penelitian tentang data yang di kumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, kata-kata dalam kalimat, misalnya kalimat hasil wawancara antara peneliti dan informan. Subjek dalam penelitian yaitu tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat desa Puncak Lolomatua Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Hasil penelitian menujukkan implementasi nilai-nilai sila-sila pancasila dalam pelaksanaan adat pernikahan masyarakat Nias di Desa Puncak Lolomatua Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan telah diterapkan dalam tahapan pelaksanaan adat pernikahan Nias mulai dari mencari jodoh (mamaigi niha), penentuan mahar/jujuran (bowo), pertunangan (mame lauduru) dan hari pesta adat pernikahan. Adapun  hambatan implementasi nilai-nilai sila-sila pancasila dalam pelaksanaan adat pernikahan masyarakat di desa Puncak Lolomatua adalah oleh minimnya tingkat pendidikan masyarakat dan tokoh adat di desa Puncak Lolomatua dalam memahami setiap arti dan makna nila-nilai sila-sila pancasila secara optimal dan menyeluruh.

Published
Dec 20, 2024
How to Cite
SUGESTI, Tutik et al. IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SILA-SILA PANCASILA DALAM PELAKSANAAN ADAT PERNIKAHAN MASYARAKAT NIAS DI DESA PUNCAK LOLOMATUA KECAMATAN ULUNOYO KABUPATEN NIAS SELATAN 2024. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 104 – 114, dec. 2024. ISSN 2088-8376. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/5120>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v6i2.5120.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>