PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P. 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 3 kelas paralel dengan jumlah 105 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara acak (cluster random sampling) yaitu kelas X1 dan kelas X2. Dimana kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang menerapkan Model Pembelajaran Langsung. Masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini digunakan dengan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Hasil analisis data pretes nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen adalah 48,19 dengan standar deviasi 8,43 dan nilai rata-rata pretes untuk kelas kontrol adalah 46,11 dengan standar deviasi 5,79. Dari hasil uji kemampuan awal diperoleh thitung = 1,198 dan ttabel = 1,997. Karena thitung ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan. Setelah pembelajaran berakhir, dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 71,67 dengan standar deviasi 10,27 dan nilai rata-\rata postes kelas kontrol adalah 66,39 dengan standar deviasi 9,18. Hasil uji statistik uji t pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 70 diperoleh harga thitung = 2,731 dan ttabel = 1,668. Karena thitung tabel hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2017/2018.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).