PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Pengukuran Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Yayasan Perguruan Nasional Sidikalang T.P 2019/2020.Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau akibat dari suatu yang ditimbulkan pada subjek yaitu siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester Ganjil SMA Yayasan Perguruan Nasional Sidikalang yang terdiri dari 3 kelas pararel.pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-1 Sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif berbasis Hots dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diajar dengan pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini berjumlah 13 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan 5 option (a,b,c,d dan e) yang telah diuji validitas, realibilitas,tingkat kesukaran dan daya beda.Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen adalah 35,12 dengan standar deviasi 11,55 dan kelas kontrol 37,17 dengan standar deviasi 13,71.Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung 0,6291 dan ttabel 2,002 karena thitung <ttabel   0,6291< 2,002) maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diakhir pembelajaran dilakukan postes dengan hasil nilai rata- rata kelas eksperimen diperoleh 80,23 dengan standar deviasi 12,06 dan kelas kontrol dengan nilai rata- rata 70,24 dengan standar deviasi 11,01. Dari hasil uji t satu pihak diperolehthitung =3,369 ttabel dan = 1,671 pada taraf signifikan = 0,05 dengan dk= 58. Karena thitung >ttabel (3,369 >1,671),hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif berbasis Hots terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran kelas X semester Ganjil SMA Yayasan Perguruan Nasional Sidikalang T.P. 2019/2020.

Published
Jan 19, 2021
How to Cite
PANJAITAN, Jelita. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 8-14, jan. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/869>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>